Sejarah Program Studi Biomedik

Print

SEJARAH  SINGKAT

Universitas Sumatera Utara didirikan pada tanggal 20 November 1957. Pada mulanya universitas ini hanya terdiri dari 3 fakultas, yakni: Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Selanjutnya baru didirikan Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran Gigi masing-masing pada tahun 1958, 1959 dan 1961. Menyusul berikutnya Fakultas Sastra (1964), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (1965), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (1983) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (1993).
Melihat perkembangan Fakultas Kedokteran dan fakultas-fakultas lainnya yang berkaitan dengan ilmu biomedik seperti : Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (terutama jurusan farmasi, kimia, biologi dan biokimia) serta Fakultas Kesehatan Masyarakat, maka dipandang perlu untuk membuka Program Studi Ilmu Biomedik dalam Program Pascasarjana USU. Selain itu lulusan program studi ilmu biomedik ini juga sangat diperlukan dalam dunia industri dan kesehatan.
Berdasarkan Kep. Dirjen Dikti Depdikbud R.I. No.520/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 November 1996, Program Studi Ilmu Biomedik mulai menerima mahasiswa pada tahun 1997 dengan 3 bidang kekhususan yaitu : bidang kekhususan farmakologi, bidang kekhususan biokimia dan bidang kekhususan fisiologi. Seiring dengan adanya permintaan dan kebutuhan pada tahun 2003 dibuka 1 bidang kekhususan lagi yaitu bidang kekhususan anatomi.
Program Studi Ilmu Biomedik yang sejak didirikan berada di bawah Sekolah Pasca Sarjana USU, pada tahun 2009 resmi berada di bawah Fakultas Kedokteran USU, dengan kantor dan tempat proses belajar mengajar berada di Gedung Abdul Hakim Fakultas Kedokteran USU Jl. Universitas Kompleks USU Medan